Depan Produk Download Tutorial

Input Filter / Anti Switch Bounce / Debouncing

  1. Apa itu switch bounce (bouncing)
  2. Mengatasi secara hardware
  3. Mengatasi secara software
  4. Video

1. Apa itu switch bounce (bouncing)

Ketika sebuah switch ditekan/digeser (berubah dari posisi ON ke OFF atau sebaliknya) terdapat sebuah gangguan yang mungkin terjadi. Gangguan itu dikarenakan kontak dari switch tersebut terbuat dari logam dan memiliki elastisitas sehingga ketika switch ditekan/digeser kontak logam tersebut secara fisik dapat memantul beberapa kali. Gangguan ini menyebabkan switch seperti ditekan beberapa kali padahal hanya sitekan sekali saja. 


2. Mengatasi switch bounce secara hardware

Cara termudah mengatasi bouncing adalah mengubah jenis switch itu sendiri menjadi non mekanis, bisa berupa optical switch, magnetic switch (hall effect switch) atau transistor switch (NPN, PNP atau Push-Pull) namun penggantian ini membuat biaya pengadaan menjadi mahal.

Cara kedua dapat dilakukan dengan menambahkan lowpass filter dan trigger schmitt di setiap switch mekanis seperti pada gambar berikut. Namun cara ini adalah cara yang masih membutuhkan hardware tambahan sehingga tidak hanya biaya saja yang bertambah melainkan mungkin tidak bersahabat dengan ruang yang disediakan.

Hardware Anti Bouncing


3. Mengatasi switch bounce secara software

Cara paling ekonomis mengatasi bouncing adalah dengan tidak menambahkan hardware apapun melainkan cukup menambahkan tambahan fitur filter didalam program mikro kontrollernya. Namun cara ini hanya bisa dilakukan oleh sebuah perangkat yang menggunakan mikro kontroller (contoh: PLC, Embeded system). Cara ini dilakukan melalui verifikasi lebar pulsa yang dianggap valid sehingga jika terjadi perubahan logika yang sangat cepat sekali (dari mikro detik hingga beberapa mili detik) maka perubahan tersebut dianggap tidak valid. Outseal mempunyai fasilitas ini pada software outseal studio dan juga mempunyai solusi hardware pada board PLC nya sehingga fasilitas ini dapat digunakan tidak hanya untuk mengatasi bouncing saja melainkan bisa digunakan untuk mengatasi masalah osilasi akibat kabel switch yang terlalu panjang dan juga akibat gangguan pancaran gelombang Elektromagnet (EMI noise).

Input Filter pada outseal studio

Pengaturan input filter pada outseal studio terlihat pada gambar diatas. Nilai tersebut adalah besarnya durasi satus dari input untuk dianggap sebagai staus yang valid. Nilai defaultnya adalah 3x10ms = 30ms, ini berarti jika logika berubah secara cepat dan tidak bisa bertahan selama 30ms atau lebih, maka data tersebut dianggap sebagai gangguan (noise)