Depan Produk Download Tutorial

Produk

Sampai saat tulisan ini dibuat, outseal PLC terdiri dari dua varian yakni Outseal PLC Nano dan Outseal PLC Mega. Outseal PLC Nano sudah dikembangkan hingga 5 kali perubahan dari versi 1 hingga versi 5. Outseal PLC Nano versi 4 dan 5 menggunakan IC atmega328p yang sudah tertanam dalam board plc, sedangkan versi sebelumnya masih berupa shield (perangkat tambahan) untuk arduino nano/UNO board.

Outseal PLC menggunakan hardware berbasis arduino develompent board dengan tambahan perangkat yang aman digunakan untuk lingkungan industri, sehingga mikrokontroler yang digunakan pada outseal PLC nano dibuat sama persis dengan arduino nano yakni ATmega328P. Bootloader yang digunakan juga sama yakni optiboot sehingga selaian menggunakan software pemrograman dari outseal, hardware outseal pun dapat diprogram menggunakan arduino IDE. Begitu pula sebaliknya arduino nano juga dapat digunakan/diprogram menggunakan software outseal (outseal studio) sehingga bisa menjadi solusi murah bagi project-project yang membutuhkan biaya terjangkau. 

Hardware outseal dibuat terbuka untuk umum sehingga siapa saja bisa mendapatkan skema elektroniknya kemudian mempelajari, menganalisa, memodifikasi atau mengembangkan dan membuatnya sendiri dirumah. Bagi yang mempunyai keterbatasan dalam pembuatan mungkin karena keterbatasan sarana pembuatan, skill dan waktu, outseal juga sudah menyediakan hardware yang sudah dirakit di toko outseal dengan harga terjangkau.

Outseal juga menyediakan modul penambahan jalur digital input dan output dalam modul yang terhubung melalui I2C.

Brosur Produk Outseal

PLC

Nano V.5

Outseal PLC V.5

Schematic

Mega V.1

Outseal PLC Mega V.1

Schematic   Wiring

Mega V.1 Compact

Outseal PLC Mega V.1 - Compact

Schematic

Outseal PLC dapat berkomunikasi menggunakan protokol:

  • Modbus RTU
  • Outseal I2C

Outseal PLC Nano mempunyai 1 jalur komunikasi serial (UART) yang dapat digunakan sebagai modbus master atau modbus slave. Sedangkan Outseal PLC Mega mempunyai 2 jalur komunikasi serial sehingga memungkinkan modbus slave dan master berjalan bersama.
Fasilitas modbus master pada outseal PLC sangat bermanfaat sekali dalam mengontrol  atau membaca perangkat luar yang dibutuhkan misal:

Logic level pada jalur serial outseal PLC masih berupa TTL level sehingga dapat memudahkan pengguna dalam pemilihan converter (umumnya yang low cost). Berikut converter yang dapat digunakan:

Media Keterangan Hardware
RS-232 TTL-RS232 MAX232
RS-485 TTL-RS485 Auto Flow Control MAX485
Bluetooth   HC05/06
Wifi Modbus RTU over TCP ESP-M2 (DT-06)

Dengan menggunakan converter WIFI/Ethernet maka outseal PLC dapat berkomunikasi menggunakan protokol Modbus RTU over TCP sehingga dapat digunakan pada project-project Internet Of Things (IOTs)

Modul I2C

Modul I2C adalah modul yang disambungkan ke outseal PLC menggunakan protokol I2C melalui sambungan kabel SDA dan SCL. Untuk saat ini terdapat dua varian modul yakni:

 

Modul In 40

Digital Input 40 Bit

Mega V.1

Digital Output 40 Bit

Software

Outseal Studio adalah software yang digunakan untuk memprogram outseal PLC. Pemrograman dilakukan melalui visual programing menggunakan diagram tangga (Ladder logic diagram). Outseal studio sudah terdapat instruksi dasar pada PLC secara umum dan ditambah lagi dengan beberapa fitur yang sangat membantu yakni: